Sabtu, 11 Februari 2012

artikel ,,,,



            Manfaat Sepeda
Kendaraan yang belum punah hingga zaman sekarang adalah sepeda. Baik dikalangan muda maupun tua sepeda menjadi sebuah alat transportasi yang wajib untuk dipelajari. Karena sepeda merupakan awal dari semuanya. Hampir semua alat transportasi di awali dengan kemahiran seseorang dalam menaiki sepeda. Sepeda di temukan pada tahun 1860, oleh seorang mandor taman kerajaan di Paris ia bernama Baron. Karena kerajaan di Paris sangatlah luas maka ia menciptakan sebuah alat yang memudahkannya untuk berpindah tempat dengan cepat.
Manfaat dari sebuah transportasi yang sederhana ini sangatlah banyak bahkan saya baru menemukan hingga mencapai 60, itu baru segelintir manfaat masih banyak sekali manfaat yang didapat dari sepeda. Tak hanya manfaat dalam mempercepat penyelesaian pekerjaan namun manfaat dapat dari berbagai sisi kehidupan manusia.
Sepeda meningkatkan mobilitas bagi mereka yang tidak memiliki akses ke transportasi umum. Penghematan yang baik bagi mereka yang memang tidak mempunyai transportasi. Karena harga sepeda sangatlah terjangkau siapaun dapat mengendarai sepeda, membantu kita untuk meningkatkan mobilitas bagi mereka yang tidak memenuhi syarat untuk mengendarai kendaraan bermotor.
Penggunaan sepeda bebas dari emisi karbon. Ini Penting banget lho! Karena satu-satunya transportasi yang tidak mempunyai bahan bakar, dan tidak menghasilkan bahan bakar. Ramah dengan lingkungan sekitar. Karena tidak menimbulkan suara yang menggangu banyak orang maka banyak sekali pengguna sepeda dimulai dari kalangn anak kecil sampai kalangan dewasa. Bahkan tak sedikit pula lantsia memakai sepeda agar tetap bisa menjaga stamina mereka namun tetap baik dan tidak membahayakan diri mereka sendiri.
Bersepeda lebih cepat dari pada jalan kaki, naik bus atau berkendaraan bermotor. Apalagi kalau di Jakarta nih. Karena keadaan jakarta yang sudah sangat padat maka hanya bisa ditembus dengan sepeda ketika jalanan sudah macet, dan padat. Jika ditempuh dengan jalan kaki maka sangat memboroskan waktu, ditunjang dengan  tempat yang  jauh maka solusi unutk memakai sepeda untuk transportasi sangatlah tepat.
 Bersepeda dapat mengurangi stress. Dengan bersepeda kita bisa melihat pemandangan jalan yang indah dengan lebih nyaman dan lebih lama. Dengan demikian keadaan untuk rileks atau keadaan alfa di otak membuat kita akan tersa lebih segar. Begitu juga denagn udara oksigen yang akan dihirup lebih banyak , walaupun tetap harus memakai alat pengaman tetapi untuk pelindung wajah dan kepala hanya sampai  sekitar kepala saja. Bagian wajah tidak tertutup ini bertujuan untuk menghirup udara lebih banyak karena oksigen yang dihirup mampu mengkondisikan otak menjadi alfa.   

Bersepeda adalah terapi untuk pikiran dan jiwa – kegiatan menyenangkan dan dapat membuat Anda bahagia. Dengan bersepeda kita bisa berbincang-bincang dengan banyak orang tak hanya bisa membuat badn kita menjadi sehat namun kegiatan menyenangkan ini bisa dilakukan dengan siapa saja kapan saja dan di mana saja. Biasanya banyak orang menggunakan olahraga sepeda ini setipa minggu pagi untuk memanfaatkan udara segar di pagi hari, juga waktu luang yang merak punya saat akhir pekan.
 
Bersepeda secara rutin dapat membuat otot yang lebih baik, peningkatan massa pada tulang, dan kulit lebih cerah. Bagi anak remaja atau pada masa pertumbuhan ini adalah alternatif yang baik untuk meningkatkan massa pertumbuhan pada tulang. Karena ketika kita mulai menggunakan sepeda kita akan menggunakan otot tangan, otot kaki juga otot perut untuk menunjang kit bersepda. Tulang kita juga menjadi lebih kuat jika setiap hari ataupun rutin menggunakan setiap hari dan menjadikan kita lebih segar sehat kalsiumpun akan bertambah. Dengan kita bersepeda kita mengeluarkan keringat yang sehat karena adanya pembakaran yang terjadi di dalam tubuh kita dengan keluarnya keringat maka lapisan kulit kita yang sudah mati akan terbawa. Maka akan tumbuh kulit baru yang lebih cerah dan membuat kita akan terliaht lebih cerah.
Bersepeda secara teratur dapat mengurangi berat badan Anda.tentunya juga dengan  menjaga kebiasaan makan yang sehat.  Kalori yang dibuang dengan bersepeda sangatlah banyak maka bagi yang ingin mengurangi berat badan tidak perlu repot membeli obat-obatan yang mahal untuk diet cukup dengan bersepeda setiap hari mninimal ke kantor. Ini sudah membuat berat badan kita berkuarang secara drastis namun harus didukung dengan tetpa menjaga kebiasan  makanan yang baik dan halal juga menjaga porsi makanan untuk.
Masih banyak sekali manfaat sepeda hanya sekarang masalahnya adalah bukan dari banyaknya sepeda memberikan manfaat tapi sekarang adalah bagaimana caranya membudidayakan bersepeda karena banyak sekali orang yang mengetahuinya namun tetap saja tidak melakukannya.  Maka semoga dengan adanya esai ini dapat memberikan pencerahan dalam diri kita untuk memulai hidup sehat dengan bersepeda.
                                          Kreatif : nahfa el shabrina





Tidak ada komentar:

Posting Komentar