Jumat, 01 Februari 2013

Manusia dan kegelisahan


Manusia dan kegelisahan
*      Pengertian kegelisahan

Kegelisahan berasal dari kata gelisah yang artinya tidak tentram hatinya , selalu merasa khawatir, tidak tenang, tidak sabar, cemas. Sehingga kegelisahan merupakan hal yang menggambarkan seseorang tidak tentram dan tidak tenang hatinya.

Kegelisahan hanya dapat diketahui dari gejal tingkah laku atau gerak-gerik seseorang dalam sesuatu tertentu. Kegelisahan merupakan salah satu ekspresi kecemasan.

Menurut Sigmund freud ahli psikoanalisa bahwa ada 3 kecemasan dalam manusia yaitu:

1.      Kecemasan obyektif
2.      Kecemasan noeritik
3.      Kecemasan moril

*      Sebab-sebab orang gelisah

Ada sebab-sebab orang gelisah pada hakikatnya takut kehilangan hak-haknya. Hal itu akibat dari suatu ancaman dari dalam maupun luar.

*      Usaha-usaha mengatasi kegelisahan

Usaha-usaha mengatasi kegelisahan sebenarnya harus mulai dari diri kita sendiri yaitu, harus membaut diri kita sendiri menjadi tenang. Dengan sikap tenang maka kita akan berfikir tenang sehingga segala kesulitan dapat di atasi.

Untuk mengatsi kegelisahan yang paling ampuh adlah dengan mendekatkan diri kita dengan ALLAH. Ibadah adalah jalan yang termudah yang dapat kita tempuh untuk mengatasi kegelisahan. Karena dengan ibadah kita bisa  lebih dekat dengan ALLAH. Jika kita merasa dekat dengan ALLAH maka hati kita akan menjadi tentram.

Bahwa sesunggunya yang dapat menentramkan hati manusia hanya kembali kepada kodratnya. Kodrat yang menciptakan, kodrat yang mempunyai hati- hati manusia. Dan bisa membolak-balikan hati manusia.
 

*      Keterasingan

Keterasingan berasal dari kata terasing dan kata itu adalah dari kata asing. Kata asing berarti sendiri, tidak kenal orang, sehingga kata terasing berarti tersisihkan dari pergaulan, terpisahkan dari yang lain atu terpencil. Jadi kata terasingkan adalah berarti hal-hal yang berkenaan dengan tersisihkan dari pergaulan terpencil, atau terpisah dari yang lain.

Terasing atau keterasingan adalah bagian hidup dari manusia. Yang menyebabkan ornag mengalami keterasingan adalah perilakunya yang tidak diterima atau tidak dapat dibenarkan oleh masyarakat, atau kekurangan pada diri seseorang sehingga ia tidak dapat atau tidak bisa menyesuaikan diri dalam masyarakat.

*      Ketidak pastian

Ketidak pastian berasal dari kata tidak menentu, tidak dapat ditentukan, tidak tahu, tanpa arah yang jelas, tanpa asal- usul yang jelas. Itu semua akibat tidak bisa konsentrasi. Ketidak konsentrasian disebabkan oleh berbagai sebab yang jelas pikirannya kacau.

*      Usaha-usaha mengatasi ketidak pastian

Orang yang tidak dapat berfikir dengan baik atau kacau pemikirannya ada berbagai macam-macam penyebabnya. Untuk dapat menyembuhkan keadaan itu bergantung  pada mental si penderita. Andai kata sipenyebab sudah dapat diketahui kemungkinan juga tidak dapat sembuh. Bila hal itu terjadi maka jalan yang terbaik bagi penderita ialah diajak atau pergi sendiri ke psikolog.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar