Jumat, 01 Februari 2013

Manusia dan Tanggung jawab


Manusia dan Tanggung jawab    
*      Pengertian tanggung jawab

Tanggung jawab adalah keasadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatan yang di sengaja. Tanggung awab juga berarti berbuat sebagai perwujudan keasadaran akan kewajiban. Menurut kamus besar bahasa Indonesia Tanggung jawab adalah keadaan wajib menanggung segala sesuatunya. Sehingga bertanggung jawab merupakan berkewajiban menanggun, memikul, dan menanggung segala sesuatunya sebagai keasadaran atas kewajibannya.
           
Tanggung jawab dalam konteks pergaulan manusia adalah kebenranian.orang yang bertanggung jawab adalah orang yang berani menanggung resiko atas apa yang menjadi tanggung jawabnya.

Dengan demikian kalau terjadi sesuatu maka seseorang yang dibebani tanggung jawab wajib menanggung segala sesuatunya. Oleh karena itu manusia yang bertang Oleh karena itu manusia yang bertanggung jawab adalah manusia yang dapat menyatakan diri sendiri bahwa tindakannya itu baik dalam arti menurut norma umum, sebab baik menurut seseorang belum tentu baik menurut pendapat orang lain.

Dengan kata lain tanggung jawab adalah kesadarn manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang disengaja. Tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajibannya.

*      Macam-macam tanggung jawab

Menurut ruang lingkup dan sasaranya,tangung jawab dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

1.      Tanggung jawab terhadap diri sendiri
2.      Tanggung jawab terhadap keluarga
3.      Tanggung jawab terhadap masyarakat
4.      Tanggung jawab terhadap bangsa atau negeri
5.      Tanggung jawab terhadap tuhan


*      Pengabdian dan pengorbanan

Pengabdian adalah perbuatan baik yang berupa pikiran, atau tenaga sebagai perwujudan kesetian antara lain kepada raja, cinta, kasih sayang, hormat, atau suatu ikatan dan semua dilakukan dengan ikhlas.

Timbulnya pangabdian itu hakikatnya ada rasa tanggung jawa. Apabila kita bekerja dari pagi sampai sore untuk mencukupi kebutuhan keluarga, itu berarti kita mengabdi kepada keluarga karena tanggung jawab dan kasih sayang kita kepada keluarga.
Pengorbanan berasal dari kata korban atau kurban yang berarti persembahan sehingga pengorbanan berarti pemberian untuk menyatakan kebaktian. Dengan demikian pengorbanan yang bersifat kebaktian itu mengandung unsure keikhlasan yang tidak mengandung pamrih. Suatu pemberian yang didasarkan atas kesadaran moral yang tulus ikhlas semata-mata.

Pengorbanan yang besifat kebaktian dapat kita dengar dan baca dari khotbah agama. Dari kisah nabi dan rasul kita bisa mendpatkan pelajaran tentang pengorbanan.

Perbedaan pengertian pengorbanan dan pengabdian tidak begitu jelas. Karena adanya pengabdian tentu ada pengorbanan. Pengorbanan lebih banyak menunjuk kepada peerbuatan sedangkan pengorbanan banyak menujuk kepada pemberian sesuatu misalnya berupa pikiran, perasa, tenaga, biaya, waktu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar