Minggu, 05 Mei 2013

manfaat buah sirsak




BUAH SIRSAK BAGI KESEHATAN
*               ASAL-USUL BUAH SIRSAK
Tanaman sirsak atau annona muricata adalah jenis tanaman yang berasa dari daerah Amerika Tengah lebih spesifiknya di Karibia. Menurut sumber wikipedia indonesia buah Sirsak disebut juga nangka belanda atau durian belanda  dengan nama latin Annona muricata L. Di negara kita sendiri buah sirsak dikenal dengan berbagai sebutan yaitu nangka sebrang, nangka landa (Jawa), nangka walanda, sirsak (Sunda), nangka buris (Madura), srikaya jawa (Bali), deureuyan belanda (Aceh), durio ulondro (Nias), durian betawi (Minangkabau), serta jambu landa (di Lampung). Penyebutan "belanda" dan variasinya menunjukkan bahwa sirsak (dari bahasa Belanda: zuurzak, berarti "kantung asam") menandakan bahwa buah ini masuk ke Indonesia pada masa pemerintah kolonial Hindia-Belanda menginfasi Nusantara pada abad ke-19.

*              MANFAAT DAUN SIRSAK
1.      Mengobati Kanker
2.      Mengobati Asam Urat
3.      Manfaat Daun Sirsak untuk mengobati Sakit Pinggang.
4.      Membantu system kekebalan tubuh dan menghindari infeksi.
5.      Manfaat Daun Sirsak untuk mengobati Eksim dan Rematik.
6.      Manfaat daun Sirsak untuk mengobati Bisul.

*   MANFAAT BUAH SIRSAk

1. Mengobati Bayi Mencret (diare).
Siapkan buah sirsak yang sudah masak, kemudian peras dan disaring untuk diambil airnya. Minumkan pada bayi yang mencret sebanyak 2-3 sendok makan.

2.Mengobati Ambeien.
Peras buah sirsak yang sudah masak, ambil airnya sebanyak 1 gelas, minum sebanyak 2 kali sehari, pagi dan sore.

3. Mengobati kencing sedikit sedikit (Anyang-anyangen).
.Siapkan buah sirsak setengah masak dan gula pasir secukupnya. Sirsak dikupas dan direbus dengan gula bersama-sama dengan air sebanyak 2 gelas, disaring dan diminum airnya.

4. Sakit Kandung Air Seni.
Siapkan buah sirsak yang setengah masak, gula dan garam secukupnya. Masak semua bahan menjadi kolak. Dimakan biasa, dan dilakukan hal tersebut rutin setiap hari selama 1 minggu berturut-turut.

5. Mengobati Penyakit Liver.
Untung mengobati liver maka anda puasa makanan makanan lain. Anda hanya perlu meminum juice sirsak selama 1 minggu sebagai pengganti makanan.

6.Mengatasi Anyang-anyangen: Rebus buah sirsak setengah masak dengan gula pasir secukupnya ke dalam 2 gelas air. Setelah mendidih kemudian saring dan didinginkan kemudian diminum

7.Kandungan riboflavin atau vitamin B2 dalam buah sirsak dapat meredakan sakit kepala seperti migrain.

8.Zat besi dalam buah sirsak dipercaya efektif dalam meredakan gejala anemia.

9.Selain fosfor dan kalsium, kandungan mineral lain dalam buah sirsak yaitu tembaga dapat membantu penyerapan kalsium kedalam tulang sehingga kebutuhan tulang akan nutrisi bisa terpenuhi.

10.Selain aroma segar yg dimiliki buah sirsak, terkandung juga thiamin, dimana zat ini bermanfaat dalam meningkatkan energi dalam tubuh.


*   KANDUNGAN GIZI BUAH SIRSAK
Didalam buah sirsak terkandung sejumlah vitamin dan serat, Komposisi buah sirsak yaitu 67,5 % daging buah yg dapat dimakan, 20 % kulit buah, 8.5% biji, dan 4% hati atau empelur. Selain mengandung vitamin A, B, dan C, buah sirsak juga mengandung sukrosa 2.54%, dekstrosa 5.05 % dan levulosa 0.04%.
Komposisi
Jumlah
Kalori (cal)
65
Karbohidrat (g)
16.3
Protein (g)
1.0
Lemak (g)
0.3
Kalsium (mg)
14.0
Besi (mg)
0.6
Fosfor (mg)
27.0
Vitamin A (SI)
10.0
Vitamin B1 (mg)
0.07
Vitamin C (mg / 100 g bahan)
20
Sumber : Depkes RI 1996


Tidak ada komentar:

Posting Komentar