Sabtu, 26 Januari 2013

ilmu budaya dasar


Ilmu Budaya Dasar sebagai salah satu MKDU
                MKDU atau Mata kuliah ilmu budaya dasar adalah mata kuliah ini khususnya membicarakan tentang nilai-nilai kebudayaan dan masalah tentang kehidupan manusia sehari-hari. Hal ini penting, karena system pendidikan kita  baik pada tingkat menengah atas, dan perguruan tinggi memerlukan ruang lingkup  yang luas dan mempunyai pengetahuan yang luas. Tidak hanya pintar dan menguasai bidangnya sendiri namun juga mempunyai wawasan yang luas dari berbagai aspek lain.
Diharapkan dari mata kuliah dapat menjadi semacam “ lingua franca” bagi semua akademis dari berbagai lapangan ilmiah. Dan mempunyai kesamaan intelektuil dalam pembangunan bangsa kita .
Secara khusus MKDU bertujuan untuk menghasikan warga negara sarjana yang berkualifikasi sebagai berikut:
1.       Berjiwa pancasila sehingga segala keputusan serta tindakannya mencerminkan pengalaman nilai- nilai pancasila dan memiliki integritas kepribadian yang tinggi , yang mendahulukan kepentingan nasional dan kemanusiaan sebagai sarjana Indonesia.
2.       Takwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, bersikap dan bertindak sesuai dengan ajaran agamanya , dan memiliki tenggang rasa terhadap pemeluk agama lain.
3.       Memiliki wawasan komprehensif dan pendekatan integral dalam menyikapi permaslahan kehidupan baik sosial ,ekonomi, politik , kebudayaan maupun  pertahanan keamanan.
4.       Memiliki wawasan budaya yang luas tentang kehidupan masyarakat dan secara bersama-sama mampu berperan serta meningkatkan keualitasnya maupun lingkungan alamiah dan secara bersama- sama berperan serta dalam pelestariannya.

Jadi , pendidikan umum yang menitikberatkan dan  mengembangkan kepribadian mahasiswa.

A.      Pengertian Ilmu Budaya Dasar
Istilah IBD dikembangkan pertama kali di Indonesia sebagai pengganti istilah basic humanities yang berasal dari istilah bahasa inggris “The Humanities”adapun istilah humanities itu sendiri berasa dari bahasa latin humnus yang artinya manusia, berbudaya dan halus. The Humanities diandaikan seseorang akan bisa menjadi lebih manusiawi, lebih berbudaya, dan lebih halus. Dengan demikian bisa dikatakan the humanities berkaitan dengan nilai-nilai manusia sebagai homo homanus atau manusia berbudaya, agar manusia menjadi humanus, mereka harus mempelajari ilmu yaitu the humanities disamping tidak meninggalkan tanggung jawabnya yang lain sebagai manusia sendiri.
 Ilmu budaya dasar berbeda dengan pengetahuan budaya. Dalam bahasa inggris ilmu budaya disebut Basic Humanities sedangkan pengetahuan budaya dalam bahasa inggris disebut The Humanities. Pengetahuan budaya mengkaji masalah nilai-nilai manusia sebagai makhluk berbudaya  (homo humanis), sedangkan ilmu budaya dasar bukan tentang budaya melainkan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan budaya.

B.      Tujuan Ilmu Budaya Dasar
·         Mengusahakan kepekaan mahasiswa & masyarakat terhadap lingkunganbudaya, sehingga mereka lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru, terutama untuk kepentingan profesi mereka.
·         Member kesempatan kepada mahasiswa untuk memperluas pandangan mereka tentang masalah kemanusiaan dan budaya serta mengembangkan daya kritis mereka terhadap persoalan yang menyankut kedua hal tersebut.
·         Mengusahakan agar mahasiswa, sebagai calon pemimpin bangsa dan negara serta ahli dalam bidang disiplin masing-masing tidak jatuh kedalam sifat-sifat kedaerahan dan pengkotakan disiplin secara ketat.
·         Mengusahakan wahana komunikasi para akademis agar mereka mampu berdialog satu sama lain, dengan memiliki satu bekal yang sama , para akademis diharapkan akan lebih lancar dalam berkomunikasi. 


C.      ISD dan IPS
Ilmu–ilmu social berjuang untuk mengkaji keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam hubungan antara manusia, untuk mengkaji hal ini digunakan metode ilmiah sebagai pinjaman dari ilmu-ilmu alamiah, tapi hasil penelitiannya tidak mungkin 100% benar , hanya mendekati kebenaran , sebabnya ialah keteraturan dalam hubungan antara manusia ini tidak berubah dari saat ke saat.

D.      Ruang lingkup ISD

Bertitik tolak dalam kerangka tujuan yang telah ditetapkan, dua masalah pokok bisadipakai sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan ruang lingkup kajian mata kuliah IBD kedua masalah pokok itu adalah:
1.       Berbagai aspek kehidupan yang seluruhnya merupakan kemanusian dan budaya yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya, baik dari segi masing- masing keahlian(disipin)didalam pengetahuan budaya , maupun secara gabungan (antar bidang) berbagai disiplin dalam pengetahuan.
2.       Hakekat manusia yang satu atau universal, akan tetapiyang beraneka ragam perwujudnya dalam kebudayaan masing- masing zaman dan tempat.
Kedua pokok masalah yang bisa dikaji dalam mata kuliah Ilmu Budaya Dasar , Nampak jelas bahwa manusia menepati posisi sentral dalam pengkajian. Manusia tidak hanya sebagai objek pengkajian, bagaimana hubungan manusia dengan alam, dengan sesama, dan bagaimana pula hubungan sang pencipta menjadi tema sentral dalam IBD, pokok-pokok bahasa yang dikembangkan adalah :
1.       Manusia dan Harapan
·         Kepercayaan
·         Harapan
2.   Manusia dan kegelisahan
·         Keterasingan
·         Kesepian
·         Ketidak pastian
3.   Manusia dan tanggung jawab serta pengabdian
·         Kesadaran
·         Pengorbanan
4.   Manusia dan pandangan hidup
·         Cita-cita
·         kebijakan
5.   Manusia dan cinta kasih
·         Kasih sayang
·         Kemesraan
·         pemujaan
6.   Manusia dan keindahan
·         Renungan
·         kehalusan
7.   Manusia dan penderitaan
·         Rasa sakit
·         Siksaan
·         kesengsaraan
8.   Manusia dan keadilan
·         Kejujuran
·         Pemulihan nama baik
·         Pembalasan
Kedelapan pokok- pokok itu termasuk dalam karya-karyayang tercakup dalam pengetahuan budaya.Ilmu budaya dasar hanya menggunakan karya-karya yang terdapat dalam pengetahuan budaya untuk mendekati masalah- masalah kemanusiaan dan budaya
sumber :
Buku IBD – via : http:// elerning.gunadarma.ac.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar